Peran Penting PAUD dalam Mengubah Karakter dan Perilaku Misael
Sumber: dok.pribadi

Family / 29 August 2024

Kalangan Sendiri

Peran Penting PAUD dalam Mengubah Karakter dan Perilaku Misael

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
283

Tidak hanya sebagai tempat bermain. PAUD memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan perilaku anak usia dini, termasuk dalam mengelola emosi. Misael, anak laki-laki berusia 6 tahun ini mengalami perubahan karakter yang luar biasa setelah belajar di PAUD. 

Semuanya berawal dari temperamen Misael yang sulit dikendalikan. Sebagai anak tunggal, sejak kecil ia cukup dimanja oleh kedua orangtuanya. Saat ia meminta sesuatu, selalu menggunakkan suara yang keras. Tidak ada yang boleh mengambil yang sudah menjadi miliknya.  

Kesibukan orantuanya dalam bekerja membuat Misael jarang belajar hal baru. Sehingga mereka memutuskan untuk menyekolahkan Misael di PAUD Super5 Baptis Manado, agar perkembangan Misael dapat lebih terpantau. "Karena saya dan suami kan kerja, apalagi kalau hari libur kita juga banyak acara. Jadi Waktu untuk mengajarkan Misael itu cuma sedikit. Makanya itu kita masukkan dia di PAUD Super5, agar dia berkembang." Ujar mama Misael.  

BACA JUGA : Alami Speech Delay, Anak Ini Sudah Bisa Berbicara dengan Jelas-Yoel

Sebelum masuk ke PAUD, masih banyak hal yang belum Misael kuasai. Ia belum bisa mencuci tangan sendiri, makan tanpa bantuan, atau ke toilet sendiri. Namun selama satu tahun di PAUD Super 5 Baptis Manado, Misael mengalami banyak perubahan. 

Ia belajar untuk mengendalikan dirinya dan selalu mengucapkan 5 Kata Ajaib, seperti Tolong, Maaf, Terima kasih, Permisi, dan Silahkan. Mama Misael cukup takjub melihat perubahan Misael saat ia meminta tolong untuk mengambilkan mainan.  

"Dia dulu temperamennya tinggi, kalau meminta sesuatu pasti berteriak-teriak. Tapi setelah dia masuk PAUD, dia jadi lebih sopan bahasanya. Dia kalau minta ambilkan sesuatu, dia sekarang pasti pake tolong. Misalnya, 'mama tolong dong ambilkan mainan Misael.' Inilah mengapa saya senang Misael bisa masuk PAUD." 

BACA JUGA : Genia, Anak PAUD yang Sering Tantrum Kini Bertumbuh di Dalam Iman 

Tidak hanya itu, Misael juga belajar mengembangkan kemampuan motoriknya, seperti menulis, membaca, dan beraktivitas fisik. Setiap pagi, Misael mengikuti renungan Firman Tuhan di kelas, sehingga ia dapat mengenal Tuhan Yesus lebih dekat.  

Menurut orangtuanya, Misael sudah mampu menyebutkan isi ayat yang ia hafal di sekolah. Misael juga selalu ingat untuk selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan. Orangtua sangat bersyukur karena telah memasukkan Misael ke PAUD yang tepat. Sehingga tidak hanya kemampuan akademisnya yang berkembang, tetapi juga kedekatan Misael dengan Tuhan. 

Saat ini, Misael berusia 6 tahun dan baru saja menyelesaikan pendidikan di PAUD Super 5 Baptis Manado pada bulan Juni. Perubahan dan perkembangan Misael dalam satu tahun belajar di PAUD, membuat kedua orangtuanya tidak cemas untuk memasukkan Misael ke sekolah dasar.  

Ada ribuan anak yang CBN layani lewat program Super5 agar tumbuh menjadi anak yang berkharakter dan mengenal Tuhan. Mari bergabung bersama kami untuk melayani mereka yang di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal lewat pendidikan dan jadilah berkat bagi mereka!

 

SAYA MAU JADI BERKAT! 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami